Wednesday, July 4, 2012

Sharing Pengalaman

Buat para sobat bloggers yang sekarang lagi sibuk di semester akhir , khususnya yang lagi sibuk nyelesaikan tugas akhir, skripsi ato thesisnya , saya mau sharing beberapa tips buat para sobat bloggers yang dapat pembimbing skripsi yang killer, galak atau pun suka gak konsisten , ini berdasarkan pengalaman saya lho, dan tips ini lumayan ampuh saya pake ketika menyelesaikan skripsi saya, dan kebetulan saya baru saja menyelesaikan skripsi saya. Tips ini bisa kalian pake kok kalo kebetulan kondisi kalian hampir sama ato beda2 tipis dengan kondisi saya ketika nyelesein skripsi saya. Dulu saya dapat 2 pembimbing skripsi, yang 1 killer dan harus on time, dan yang 1 plin plan, mulai dari janji ketemuan ato pun saran2 selama bimbingan suka berubah2, kondisi ini cukup menyulitkan saya ketika menyelesaikan tugas akhir ini tapi saya berusaha mengatasi, nah disini saya mau berbagi kepada kalian semua, siapa tau bermanfaat buat kalian , dan semoga  bisa jadi amal jariyah (amiiiiiiiiiiiiiiiin).
Check this out guys..
  1. Menurut saya dulu, masa-masa menyelesaikan skripsi itu bisa disebut dengan masa sulit, namun percayalah dibalik kesulitan itu pasti ada kemudahan.  Dan sobat bloggers semuanya tau gak ? ternyata kemudahan itu tetep harus diusahakan datangnya. Dari beberapa buku yang saya baca  ternyata salah satu alat untuk menjemput kemudahan itu ya dengan SEDEKAH, yuppps benar banget dengan SEDEKAH, Nah sobat bloggers semuanya , itulah yang saya lakukan sebelum saya pergi bimbingan menemui dosen ( disini saya sama sekali gak bermaksud pamer ato pun riya sekali lagi saya hanya berbagi ), sedekah gak harus berbentuk uang, ,misalnya sobat bloggers bantu temen aj dengan ikhlas itu udah bisa dianggap sedekah, dalam hati harus diniatkan dan dibiasakan dengan menabur kebaikan kita akan menuai kebaikan pula, dengan memberi kemudahan kepada orang lain, kita akan mendapatkan kemudahan pula. saya mau ngasi tau sobat bloggers semuanya bahwa setiap setelah sedekah  selalu ada kemudahan selama bimbingan dengan dosennya, hal sepele namun punya dampak yang besar misalnya, pas liat kita dosen nya sumringah ( kebetulan pembimbingan saya orangnya moody hehe) dan ketika mau bimbingan pandailah melihat waktu dosen, kecuali kalo kalian sudah ditentukan jadwal bimbingannya, ketika menemui pembimbing alangkah baiknya kalo kita tanyakan kabarnya hari itu, yah intinya buat kesan pertama jadi menyenangkan buat pembimbing bertemu dengan kita. nah point dari tips yang pertama adalah : Bersedekahla sebelum pergi bimbingan menemui dosen dan perhatikan benar2 waktu yang tepat buat bimbingan (kecuali kalo udah ada jadwal tertentu bimbingan ).
  2. Nah ketika setelah bimbingan ,tentu saja galau skripsi melanda , tau dong kenapa? ya tentunya melihat oret2an dosen pembimbing yang kita hormati itu bertebaran di setiap halaman skripsi kita heheh..... alias masi banyak yang salah, yang bikin kita kadang jadi down atau pusing tujuh keliling, nah dalam kondisi sperti ini cobalah menenangkan diri, tapi gak usah minum obat penenang kok ...xixixix kalo saat itu pikiran kita ga tenang, carilah tempat yang menurut sobat blgoggers semua bisa memberikan suasana tenang dan nyaman,minum air putih lalu duduk santai sebentar hehe (kedengarannya bercanda tapi ini serius lho, saya udah coba). Barulah kemudian buka satu persatu hasil dari bimbingan dengan teliti dan perbaikilah lah satu persatu , jangan sekaligus. Ketika menemui kesulitan ketika perbaikan skripsinya, coba kasih tenggang waktu, baru kembali bekerja namun jangan memberikan tenggang waktu yang terlalu lama .
  3. Ketika ketemu jalan buntu, jangan stop disitu, dan malah jadi berhenti mengerjakan skripsinya, ntar malah terlena jadinya malas buat mulai lagi,  teruslah melaju mencari alternatif penyelesaian, misalnya mau cari pengertian 'teknologi' di buku " X" tapi buku yang mau kita cari susah di dapat, carilah alternatif buku lain, jangan fokus di satu buku sebab akan menghabiskan banyak waktu mengejar satu buku yang sulit di dapat sementara lebih baik mencari buku atau sumber lain yang bisa dipakai. Ini tentang solusi dalam referensi.
  4. Seperti yang kita tahu , biasanya seorang dosen punya mahasiswa bimbingan lain selain kita, bisa 5 atau bahkan 10 orang, nah dari sini kita bisa berpikir bahwa dosen pembimbing kita tidak akan bisa mengingat satu-persatu apa yang sudah disarankannya secara lisan, kecuali dalam bentuk tulisan, namun pasti ada yang kelupaan ditulisnya hehe,,,nah kebetulan kebiasaan dosen saya ketika bimbingan dia pasti nanya ke saya seperti ini  "Minggu lalu saya bilang apa ke kamu ?" ( Wah langsung deh kita bisa ngeles ini itu, wong dosennya aj lupa nyuruh apa hihihih) , Nah ini kesempatan kita jawab pertanyaan dosen yang seperti itu dengan versi kita, maksudnya  kita bisa jawab dengan pemahaman kita mau dibuat sperti apa skripsi kita ini sesuai dengan kemampuan dan pemahaman kita, tapi bukan asal2an.disini kita bisa selamat satu point dari semburan dosen kita yang killer n maunya sendiri.
  5. Buat dosen kita yang tipe orangnya on time, kita jangan sampai meninggalkan kesan buruk terhadapnya, yaitu jangan lah pernah terlambat ketika ada janji bimbingan dengannya. sekali pun jangan pernah .!!! karena akan berbuntut panjang kalo dosennya udah gak respect sama kita. pinter2 jaga perasaan pembimbing gitu :)
  6. Saat berita bahwa para pembimbing sudah menyetujui kita bisa di sidang (heheh kayak maling sendal aja di sidang ), maksudnya kita sudah mendapat persetujuan ujian skripsi, kembalilah lagi bersedekah dan meminta restu ibu kita untuk yang pertama kali. Dan ikhlaskan lah semua perkataan dosen pembimbing selama membimbing kita yang mungkin kadang ada yang menyakitkan hati kita. mintalah do'a pula kepada kedua pembimbing menjelang ujian skripsi.
  7. Dan setelah kita lulus ga ada salahnya juga kalo kita mau kasih kado atau kenang2an buat dosen pembimbing kita  , ntar paling dosen pembimbing yang killer jadi gak enak sendiri ternyata kita perhatian walaupun sudah bertubi2 dapat ceramahan gratis akibat kelalain kita sendiri ato pun karena dosen pembimbingnya yg lagi bad mood. hehehe
Nah sobat bloggers semunya sekian dulu tips yang bisa saya berikan , semoga bermanfaat, see you on next post....

3 comments:

  1. Kebeneran ane lagi ngerjain skripsi nih mbak, lg browsing ketemu blognya mbak. makasih sharenya ane praktekkan dulu.

    ReplyDelete
  2. gak daftar google plus mbak? daftar aja gratis. terus ganti profile blog ke profile G+ ntar di pencarian google foto mbak muncul dengan blognya. hehe saran aja mbak.

    ReplyDelete
  3. @anak gaol makasih sarannya ...:)

    ReplyDelete